Halaman Profil Kibar
Iklan Sidebar Kiri

Profil Kibar

LSM KIBAR didirikan sebagai wadah setiap anak bangsa yang cinta negeri, yang memiliki kesamaan pandangan dan kesatuan visi dan misi untuk turut serta dalam mengimplementasikan setiap kebijakan pembangunan, khususnya gerakan nasional ekonomi kerakyatan dan pembangunan pedesaan/pesisir berkelanjutan yang lebih maju, kreatif, inovatif dan kredible, guna menciptakan masyarakat pedesaan yang tangguh, modern, efektif dan efisien.

Para pendiri LSM KIBAR menyadari bahwa Indonesia memiliki nilai-nilai dasar kebersamaan yang luhur yaitu gotong-royong. Sejarah Indonesia telah membuktikan bahwa semua elemen bangsa memiliki rasa tanggung jawab dan saling bahu membahu dalam memecahkan masalah yang dihadapi bangsa. Potensi dasar ini harus dipertahankan dan selalu dipupuk sebagai pondasi yang sangat mendasar bagi bangsa guna mencapai tujuan pembanguna nasional yang tantangannya semakin meningkat.

Peranan ekonomi kerakyatan dalam pembangunan nasional memegang kunci yang sangat penting dalam perjalanan pembangunan bangsa, bukan saja kontribusinya yang besar terhadap pendapatan nasional dan penyediaan lapangan kerja, tetapi juga peranannya yang sangat besar dalam menstabilkan gejolak ekonomi, sosial dan politik yang pernah dialami Indonesia. Struktur ekonomi yang berbasis pertanian/pedesaan dalam kenyataan belum sepenuhnya melibatkan petani/masyarakat desa sebagai pelaku aktif pada semua mata rantai distribusi usaha-usaha pertanian/pedesaan. Petani/masyarakat desa kebanyakan hanya berperan sebagai pemakai dan pengguna barang yang gilirannya telah menyebabkan lemahkanya posisi tawar anggota masyarakat pedesaan dalam upaya memperoleh komponen sarana produksi dan akses pasar. Oleh karenanya, kekuatan ekonomi kerakyatan dan pembangunan pedesaan berkelanjutan harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi gempuran produk – produk luar negeri yang masuk ke Indonesia sebagai dampak dari globalisasi dan liberalisasi ekonomi. Karena itu bidang pertanian dan pembangunan ekonomi pedesaan harus mendapat perhatian khusus dan menyeluruh mulai dari hulu sampai ke hilir, mulai dari tahap awal pengolahannya sampai dengan tahap akhir, sehingga produk-produk hasil masyarakat pedesaan secara keseluruhan mempunyai daya saing tinggi dan diterima pasar Internasional. Dengan demikian seluruh mata rantai produksi dapat terkoneksi secara terpadu dalam satu jejaring, dari hulu hingga hilir dengan menerapkan sistem perekonomian tepat guna dan modern.

Bahwa agenda besar ini, bukan saja tugas pemimpin negara dan bukan pula tugas satu atau dua generasi bangsa, tetapi merupakan tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa, menuju Indonesia yang lebih baik untuk Makmur, Sejahtera dan Mandiri.

IKlan 3